Mobile Apps Competition

Tema :

“Solution for Daily Millennial Problems


Sub Tema :

a. Smart Education
b. BizzTech
c. Health Issues
d. Social Issues

Hadiah :

Juara I : Rp5.000.000, Trophy, Sertifikat
Juara II : Rp3.000.000, Trophy, Sertifikat
Juara III : Rp2.000.000, Trophy, Sertifikat

Pendaftaran

  1. Peserta Annual Informatics Competition (Anforcom) 2018 adalah mahasiswa aktif Program Diploma atau Sarjana S1.

  2. Peserta merupakan tim yang terdiri dari dua atau tiga orang pada universitas/ perguruan tinggi yang sama.

  3. Mengisi formulir pendaftaran secara online pada website resmi Anforcom 2018 di http://anforcom.com/register mulai tanggal 29 Juli – 23 September 2018.

  4. Melakukan pembayaran dengan biaya pendaftaran sebesar Rp 150.000/tim. Pembayaran dapat dilakukan paling lambat pada tanggal 23 September 2018. Melalui Rekening Bank Rakyat Indonesia (BRI) atas nama Clawdya Sari Purba Siboro dengan nomor rekening 7118 01 005563 53 0

  5. Melakukan verifikasi pendaftaran melalui website http://anforcom.com/team dengan melampirkan scan bukti pembayaran dan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM). Setelah semua data lengkap diterima panitia, setiap tim dapat melakukan login pada website http://anforcom.com/login

  6. Mengenai keterangan yang kurang jelas terkait tata cara pendaftaran, verifikasi, maupun tahapan kompetisi, dapat langsung menghubungi contact person untuk keterangan lebih lanjut.

Pelaksanaan

Babak Penyisihan

Proposal
  1. Setelah peserta melakukan pembayaran, peserta dapat mengunggah proposal pada form yang telah disediakan.

  2. Peserta membuat proposal sesuai dengan tema dan ketentuan yang ada, lalu diunggah melalui akun peserta pada website http://anforcom.com/team/

  3. Pengunggahan file proposal dilaksanakan mulai tanggal 29 Juli – 23 September 2018.

  4. Tim yang telah dinyatakan lolos proposal akan diumumkan pada tanggal 27 September 2018.

  5. Pengumuman lolos proposal dapat dilihat pada website http://anforcom.com/announcement.

Prototype dan Dokumentasi
  1. Peserta membuat prototype aplikasi dan dokumentasi dalam bentuk video sesuai dengan ketentuan yang ada, lalu diunggah dengan menggunakan akun peserta pada website http://anforcom.com/team/

  2. Pengunggahan file dilaksanakan mulai tanggal 27 September – 7 Oktober 2018.

  3. 10 tim yang dinyatakan lolos ke babak final akan diumumkan pada tanggal 14 Oktober 2018.

  4. Pengumuman lolos ke babak final dapat dilihat pada website http://anforcom.com/announcement.

Babak Final

  1. Babak final akan diselenggarakan pada tanggal 21 Oktober 2018 bertempat di Kampus Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro.

  2. Setiap tim mempresentasikan program yang telah dibuat sesuai dengan nomor urut yang ditentukan.

Pengumuman Pemenang & Seminar

  1. Seminar akan dilaksanakan pada tanggal 21 Oktober 2018 bertempat di Kampus Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro.

  2. Seminar diperuntukkan bagi peserta lomba Anforcom, selain itu juga dibuka untuk peserta umum.

  3. Pengumuman akan dilaksanakan pada hari yang sama yaitu pada tanggal 21 Oktober 2018 bertempat di Aula Dekanat lantai 3, Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro.

  4. Keputusan juri dan panitia tidak dapat diganggu gugat.

Sistem Penilaian

  • Kriteria Penilaian Proposal

    1. Inovasi (Bobot: 40%)
      Penilaian proposal berdasarkan pada aspek inovasi dan kreativitas peserta terhadap ide pembuatan karya.

    2. Originalitas ide dan kesesuaian tema (Bobot: 25%)
      Penilaian proposal berdasarkan keaslian ide dan kesesuaian tema yang telah di tentukan dalam pembuatan karya.

    3. Proses pengembangan yang baik (Bobot: 35%)
      Penilaian proposal berdasarkan metodologi pengembangan perangkat lunak yang ditentukan dalam proses pembuatan karya.

  • Kriteria Penilaian Aplikasi

    1. Kesesuaian Aplikasi dengan Proposal (Bobot: 30%)
      Penilaian karya berdasarkan kesesuaian aplikasi yang dibuat terhadap proposal yang diajukan.

    2. Desain User Interface/ User Experience (Bobot: 35%)
      Penilaian karya berdasarkan keatraktifan dan kemudahan penggunaan fitur dalam aplikasi.

    3. Fungsionalitas (Bobot: 35%)
      Penilaian karya berdasarkan pada manfaat, kegunaan, serta pengaruh bagi pengguna.

  • Kriteria Penilaian Video

    1. Konten (Bobot: 50%)
      Penilaian video berdasarkan kelengkapan isi dan penjelasan fitur-fitur dari aplikasi.

    2. Kreativitas (Bobot 30%)
      Penilaian video berdasarkan cara penyampaian yang unik, menarik, dan efektif mengenai konten.

    3. Jumlah viewer, like, dan comment (20%)
      Penilaian video berdasarkan jumlah viewer, like, dan comment yang didapatkan.

  • Kriteria Penilaian Presentasi

    1. Pemaparan (Bobot: 30%)
      Penilaian berdasarkan sistematika penyajian dan isi, penggunaan bahasa yang baku, cara dan sikap yang baik, serta ketepatan waktu dalam presentasi.

    2. Gagasan dan kelayakan implementasi (40%)
      Penilaian berdasarkan kreativitas gagasan (keunikan, manfaat, dan dampak) serta kelayakan implementasi.

    3. Diskusi (Bobot 30%)
      Penilaian berdasarkan tingkat pemahaman gagasan dan kontribusi anggota tim serta kemampuan menyelesaikan tantangan juri.

Fasilitas Peserta


  1. Gratis satu tiket seminar Anforcom untuk tiap peserta lomba yang telah terdaftar dan terverifikasi oleh panitia Anforcom.
  2. Tanda peserta untuk tiap tim yang bertanding di babak final.
  3. Sertifikat keikutsertaan untuk tiap peserta yang bertanding di babak final.
  4. Snack dan makan siang tiap peserta finalis untuk 1 hari.
  5. Setiap tim didampingi oleh Liaison Officer (LO).

© ANFORCOM 2018, HMIF Universitas Diponegoro